Klik Me-->

tips belajar ngetik buta 10 jari

Udah bisa ngetik buta 10 jari belum? Mengetik buta, maksudnya ngetik pake 10 jari tanpa melihat ke keyboard sama sekali! Orang yang udah expert ngetik kayak gitu, baginya kebot adalah medium untuk memvisualisasikan langsung apa yang dipikirkannya saat itu ke monitor. Jadi, urusan ngetik bagi dia adalah kerjaan jari-jarinya aja, sedang orangnya hanya memikirkan apa yang ingin dia ketik saat itu juga langsung terketik di layar kompie. Enak kan?
Bagi kebanyakan orang, biasanya urusan ngetik buta nggak terlalu mereka peduliin. Karena mereka mungkin berpikir yang penting bisa ngetik tuts kebot gitu aja udah cukup, nggak peduli kek cepet atau nggaknya? Tapi, kamu tau nggak? Anak lulusan SD di amrik udah bisa ngetik tanpa melihat kebot bahkan ngetiknya cepet banget! Karena mereka udah diajarin secara intensif oleh guru di skul, plus belajarnya sering dimaksimalin di rumah. Bagi mereka ngetik buta bukanlah hal yang aneh, malah udah biasa. Tapi bagi kita, ngetik buta merupakan hal yang luar biasa dan bisa memberi nilai plus bagi diri sendiri di mata orang lain.Nah, buat kamu yang ingin bisa ngetik pake 10 jari tanpa melihat kebot, berdasarkan pengalaman belajar otodidak yang aku alami sampe bisa ngetik seperti yang aku ceritain diatas. Kali ini aku mau ngasih tips-tips yang Insya Allah bisa bermanfaat buat kamu. Follow my tips below…
  1. Jangan melihat kebot ketika mengetik
    Hal dasar yang harus dipegang oleh setiap Blind Typist adalah belajar mengetik tanpa melihat kebot. Kalo kamu baru pertama kalinya belajar ngetik buta, cobalah setiap kali mengetik inget-inget posisi tuts huruf yang kamu ketik. Nggak harus langsung diapalin semuanya, satu persatu aja. Kalo kamu bisa ngapalin letak tuts ponsel dengan gampang, kebot juga nggak jauh beda.
  2. Usahakan selalu meletakkan jari-jari kamu dengan benar
    Setelah mengetik satu, dua kata atau lebih, pastikan dan biasakan posisi jari-jari kamu berada diatas tuts yang bener. Dalam hal ini, taruh kedua telunjuk tangan kiri kanan kamu diatas tuts F dan J ketika mengetik.
  3. Ngetik memakai jari yang sesuai
    Setiap kebot (qwerty) memiliki letak tuts-tuts yang disesuaikan dengan jari tangan manusia. Jadi, jari-jari tangan kamu tuh punya tugasnya masing-masing. Aku kasih contoh tugas “reguler” untuk jari-jari kamu dibawah ini :
    • Jempol kanan atau kiri untuk tuts Spacebar (spasi), bisa bergantian sesuai selera kamu.
    • Telunjuk kiri untuk tuts huruf F, R, T, C, V dan B.
    • Telunjuk kanan untuk tuts huruf J, U, Y, N, M dan B.
      (Huruf B bisa diketik oleh telunjuk kanan atau kiri tergantung apa kamu kidal atau kadal? :D )
    • Jari tengah kiri untuk tuts huruf E dan D.
    • Jari tengah kanan untuk tuts huruf I, K dan tanda koma ( , ).
    • Jari manis kiri untuk tuts huruf W, S dan X.
    • Jari manis kanan untuk tuts huruf O, L dan tanda titik ( . ).
    • Jari kelingking kiri untuk tuts huruf Q, A dan Z.
    • Jari kelingking kanan untuk tuts huruf P, titik dua ( : ), slash atau garis miring ( / ) dan tanda tanya ( ? ).
    Biasakan jari-jari kamu untuk mengetik tuts kebot sesuai dengan tugasnya masing-masing :)
  4. Hidupkan jari-jari kamu yang “mati”
    Kendala yang pertama kali aku hadepin ketika belajar ngetik adalah jari-jariku yang lain seperti jari tengah, jari manis dan kelingking nggak bisa digerakkan sama sekali alias “mati” kalo lagi ngetik. Bahkan ngetiknya tuh nggak seimbang, di tangan kiri yang ngetik cuma telunjuk sama jari tengah aja sedangkan di tangan kanan kedua jari tersebut dipake dan satunya lagi pake jari manis, itupun kadang-kadang. Mungkin kamu juga ngalamin hal yang sama. Nah, yang harus kamu lakukan adalah HIDUPKAN jari-jari yang mati itu. Coba deh digerakkan, walaupun susahnya minta ampun, kalo berhasil hidup dan terbiasa, percayalah itu adalah kendala terberat yang harus dilewati oleh pemula.
  5. Fokus pada apa yang ingin kamu ketik
    Arahkan pikiran kamu pada apa yang ingin kamu ketik. Jadi, pandangan kamu ketika ngetik harus melihat ke layar kompie atau lihat blinking kursornya dan FOKUS! Inget, jangan melihat atau ngintip keyboard! Ngintip sekali-kali boleh, tapi jangan keseringan.
  6. Ngetik dengan hemat dan efisien
    Ketika ngetik jangan nge-sok cepet atau sok lancar laa.., ngetik aja dengan santai jangan terburu-buru. Usahain efektifkan keakuratan ketikan kamu, jangan sampe ada yang salah ketik. Biarkan ketikan kamu mengalir apa adanya, walaupun lemot no problemo! Semakin lambat dan akurat ketikan kamu ketika belajar, semakin cepat ketangkasan ngetik kamu meningkat! Dijamin…!!
Aku belajar ngetik tiap hari secara otodidak sampe bisa expert kayak gini tuh memakan waktu dua bulan lebih. Selama belajar itu aku sempet down 2 minggu, malah aku pernah kepikiran nggak mau belajar-belajar ngetik lagi, soalnya belajar sendiri tanpa pembimbing itu susaaah banget! Beneran deh!
Tapi, ketika semanget juang belajarku on fire lagi akhirnya aku bisa ngetik buta pake 10 jari tanpa melihat! Bangga gitu loh, hehe… Sekalian aku mo numpang narsis nih, dibawah ini kamu bisa lihat typing test result dari program TypingMaster v6.30 (versi demo) yang aku jalanin kemaren pagi.
Typing Test Result
Hasil test ngetik yang aku lakukan sambil ngedengerin lagu dengan situasi berisik! ;)
Disitu kamu bisa lihat Gross Speed alias kecepatan kotor ngetikku sampe 63 WPM (Word Per Minute), keakuratan ngetik 99% dan Net Speed alias kecepatan bersihnya 62 WPM. Trus, ada Gross Hits/Net Hits - jumlah ketikan kotor dan bersih sampe 1566/1556 tuts, kemudian salah ngetik kata ada 2. Total hit salah ketiknya ada 10, mungkin itu karena aku pijit tombol backspace 8 atau 10 kali ya? Nggak tau deh? Lupa. Semua itu aku hasilkan melalui test yang bernama Netiquette (ketikan Bahasa Inggris, bro!) dengan durasi 5 menit.
Waw… keren…!!! Hehehe… :D
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
Reactions: 

Leave a comment

biasakaan isi komentar setelah anda membaca artikel blog ini guna membangun saya agar lebih baik lagi dalam membuat postingan postingan blog,,,,!!!

Oxygen Blue